7 Ide Konten Interaktif Untuk Meningkatkan Engagement

"Konten interaktif membuat audiens Anda lebih terlibat, meningkatkan jumlah klik, dan memberikan lebih informatif dan menyenangkan."

Salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan dan mengubah postingan biasa Anda adalah dengan menggunakan konten interaktif. Konten interaktif membuat audiens Anda lebih terlibat, meningkatkan jumlah klik, dan memberikan lebih banyak kesempatan untuk memberikan informasi dan menyenangkan jaringan Anda.

Konten interaktif mencakup segala jenis konten yang dapat diklik, dijawab, atau dimainkan oleh pengguna. Meskipun membutuhkan lebih banyak usaha (dan terkadang uang) untuk dibuat, pengguna menghabiskan lebih banyak waktu dan mendapatkan nilai yang lebih besar dari konten tersebut. Konten interaktif akan mendorong audiens Anda untuk terlibat, dan Anda bahkan dapat menggunakannya untuk lebih memahami audiens Anda dengan baik.

7 Ide Konten Interaktif Untuk Meningkatkan Engagement

Jenis Konten Interaktif:

1. Kuis/Jajak Pendapat

Kuis dan jajak pendapat adalah cara yang terjangkau untuk membuat konten interaktif. Kuis bisa menjadi cara yang menyenangkan, atau membantu audiens Anda mengetahui posisi mereka — yang dapat menjadi kesempatan bagi Anda untuk menawarkan produk atau layanan Anda. Kuis bisa membantu Anda memahami pemikiran audiens Anda dan menciptakan dua kali lipat konten (sekali saat Anda memposting, dan sekali lagi saat Anda memposting hasilnya). Salah satu manfaat lain dari jajak pendapat adalah menunjukkan kepada audiens Anda bahwa percakapan berjalan dua arah dan Anda peduli dengan pendapat mereka. Cara lain yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan penggemar adalah dengan meminta mereka memberi caption pada foto.

Twitter, halaman Facebook, grup Facebook, dan Instagram Stories memiliki fitur jajak pendapat bawaan yang dapat Anda gunakan. Mereka memungkinkan Anda menambahkan beberapa pilihan jawaban (jajak pendapat Facebook bahkan memungkinkan Anda menambahkan foto dan .GIF sebagai opsi), dan Anda memiliki kontrol atas berapa lama jajak pendapat tersebut akan ditampilkan. Setelah seseorang memberikan suara, mereka dapat melihat hasil jajak pendapat tersebut. Di Instagram Stories, Anda dapat menggunakan Stiker Jajak Pendapat untuk membuat jajak pendapat 2 opsi yang akan tayang selama 24 jam.

Jika jaringan yang ingin Anda gunakan tidak memiliki alat bawaan untuk menjalankan jajak pendapat, Anda dapat menuliskan opsi pilihan dalam keterangan Anda dan meminta audiens Anda untuk mengomentari huruf yang sesuai dengan jawaban mereka. Anda juga dapat menjalankan jajak pendapat di halaman arahan di situs web Anda.

2. Kontes/Kuis Berhadiah

Kontes klasik dan kuis berhadiah merupakan contoh konten interaktif yang bagus dan cara yang solid untuk mendapatkan lebih banyak keterlibatan dari audiens Anda. Meskipun Anda tidak lagi dapat meminta orang untuk memberikan komentar, menyukai, atau membagikan postingan untuk kesempatan memenangkan di Facebook, menjalankan kuis berhadiah di Instagram bisa semudah meminta untuk mengikuti dan menandai seorang teman, atau meminta audiens Anda untuk menjawab pertanyaan dalam komentar. Pastikan hadiah yang ditawarkan terkait dengan merek Anda dan ingatlah bahwa sesuatu yang sederhana juga baik!

3. Postingan Pilihan Ganda

Postingan pilihan ganda bisa menjadi konten interaktif yang menyenangkan untuk diposting di jaringan media sosial yang memungkinkan postingan gambar ganda. Setiap gambar bisa menjadi pilihan yang berbeda bagi audiens Anda untuk memilih. Anda dapat menggunakan metode ini untuk membiarkan mereka membantu Anda memilih rasa atau produk berikutnya yang mungkin akan Anda tawarkan. Dengan cara ini, Anda akan melibatkan mereka, mendapatkan pendapat mereka, dan meningkatkan penjualan karena memberikan kepada mereka apa yang mereka pilih.

4. Infografis Interaktif, Whitepapers, E-Book

Infografis interaktif dan berbagai jenis konten lainnya memungkinkan pengguna untuk mengarahkan kursor pada bagian tertentu atau mengklik tautan menuju halaman arahan lainnya, kuis, konten tambahan, dan lainnya. Mereka adalah alat yang bagus untuk mendidik audiens Anda tentang industri atau produk tertentu yang Anda tawarkan. Anda dapat menyematkan banyak informasi ke dalam infografis atau ebook yang mencakup panggilan tindakan atau fakta-fakta menarik. Untuk mempromosikan ini di saluran sosial Anda, Anda dapat menarik potongan dari infografis, atau membuat konten ringkas dari data dalam infografis dan menggunakan panggilan tindakan untuk mengarahkan lalu lintas ke infografis lengkap.

5. Buku Kerja & Asesmen

Buku kerja adalah cara yang bagus untuk menawarkan nilai kepada audiens Anda. Anda dapat menambahkan elemen interaktif dalam buku kerja Anda. Anda dapat menyertakan asesmen atau membuat asesmen mandiri berdasarkan produk atau layanan Anda. Berdasarkan hasil akhir asesmen, Anda akan dapat menawarkan solusi kepada orang tersebut (produk atau layanan Anda).

6. Trivia

Pernahkah Anda mencoba menyelipkan pertanyaan trivia ke dalam jadwal media sosial Anda? Ini adalah cara lain yang menyenangkan dan mudah untuk membuat audiens terlibat dengan Anda.

7. Kalkulator

Tunjukkan kepada audiens Anda berapa banyak uang yang bisa mereka hemat dengan menggunakan produk Anda dengan kalkulator. Setiap informasi yang dapat diukur dapat digunakan untuk kalkulator dan dapat membantu audiens menggunakan angka untuk terhubung dengan pesan yang lebih besar (alasan bagi mereka untuk menggunakan produk atau mengunjungi situs web Anda).

8. Video Interaktif

Video interaktif adalah cara yang bagus untuk mengintegrasikan konten interaktif ke dalam media yang menunjukkan jangkauan dan keterlibatan tertinggi dari segala jenis konten. Video interaktif dapat mencakup tautan menuju halaman arahan, kuis, atau memutar bagian-bagian tertentu berdasarkan pilihan penonton. Ada beberapa alat hebat di luar sana yang dapat membantu Anda membuat video-video semacam ini, tetapi YouTube memungkinkan kartu interaksi video sederhana yang dapat membimbing pemirsa menuju langganan saluran atau menonton video terkait atau daftar putar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali
WhatsApp
Email