Pentingnya Membuat Versi Animasi Logo Perusahaan Anda

"Logo animasi adalah cara modern dan dinamis untuk menampilkan sebuah brand dan menyampaikan pesan tertentu yang menarik bagi pelanggan. "

Di era teknologi digital yang terus berinovasi, dunia desain pun tak mau ketinggalan. Tren demi tren berganti, menuntut desainer untuk selalu mengikuti perkembangan teknik dan gaya terbaru.

Nah, salah satu tren yang diprediksi akan memimpin tahun ini adalah motion design. Elemen animasi kini menjadi bagian penting dari desain yang menarik, membawa solusi inovatif dan segar. Animasi bisa dipakai untuk berbagai komponen antarmuka (UI) produk digital atau materi grafis apapun.

Salah satu contohnya yang lagi naik daun adalah logo animasi. Para motion designer menyulap logo statis jadi sesuatu yang baru dan unik. Sudah banyak merek terkenal yang membagikan versi animasi dari logo mereka ke publik. Tapi, sebenarnya kenapa sih perusahaan berinvestasi dalam logo animasi? Mari kita cari tahu keuntungan apa yang bisa didapat, plus di mana saja logo animasi dapat digunakan.

Apa itu animasi logo?

Logo adalah jantungnya identitas brand. Logo mewakili kepribadian perusahaan atau produk dan punya peran penting dalam strategi pemasaran. Logo yang kuat dapat membangun hubungan dengan target pelanggan dan sekaligus menceritakan kisah sang merek. Jika desainer berhasil, maka logo tersebut membentuk citra merek yang efektif, landasan dasar dari strategi pemasaran yang sukses.

Namun, zaman dimana desain grafis selalu statis dan fokus pada media cetak telah berlalu. Teknologi modern membuka banyak peluang yang perlu dimanfaatkan. Untuk menyegarkan logo mereka, para ahli desain memutuskan menambahkan sentuhan gerakan.

Animasinya pun bervariasi, dari gerakan sederhana hingga presentasi video pendek yang lengkap. Perusahaan dan desainer menentukan jenis animasi serta durasinya sesuai tujuan bisnis dan citra yang ingin ditampilkan.

Tak perlu khawatir soal alat bantu pembuatan grafis animasi kini banyak yang mudah diakses. Bahkan, cukup jelas untuk digunakan hingga para desainer grafis sering membuat animasi sendiri. Namun, untuk video yang lebih kompleks, sebaiknya gunakan jasa profesional spesialis motion design.

Kenapa sebuah brand butuh animasi logo?

Sejak tren logo animasi bergulir, banyak perusahaan besar dan kecil menjalin kerjasama dengan para desainer. Pertanyaannya, apa sih yang membuat logo animasi begitu populer?

Logo animasi adalah cara modern dan dinamis untuk menampilkan sebuah brand. Logo seperti ini dapat menunjukkan karakter perusahaan dan menyampaikan pesan tertentu yang menarik bagi pelanggan. Selain itu, orisinalitasnya dapat membantu Anda menonjol di antara pesaing. Mari kita lihat daftar keuntungan lainnya:

1. Citra orisinal

Sudah jadi rahasia umum bahwa beberapa merek memiliki logo yang mirip, apalagi jika mereka adalah kompetitor. Kadang ini tak disengaja, karena mereka menggunakan elemen pengenalan yang memberi petunjuk tentang layanan mereka. Untuk membuat logo unik, desainer dapat menambahkan gerakan. Logo animasi mendorong imajinasi bekerja maksimal. Penggabungan grafis orisinal dan efek visual beragam menciptakan persepsi logo yang unik.

2. Brand awareness yang lebih tinggi

Banyak ahli mengatakan bahwa gambar dinamis dan konten video lebih mudah dipahami daripada gambar statis sehingga mudah diingat. Logo animasi yang efektif terhubung dengan calon pelanggan dan menarik perhatian mereka. Durasi animasi hingga 10 detik meningkatkan peluang diingat dibandingkan melihat sekilas gambar statis.

3. Kesan pertama yang menyenangkan

Kesan pertama sangat memengaruhi cara orang melihat sebuah produk. Kita hanya butuh hitungan detik untuk memutuskan apakah kita suka sesuatu atau tidak. Karena logo adalah representasi pertama dari sebuah merek, logo wajib memberikan kesan pertama yang baik. Logo animasi orisinal mengejutkan orang dan meningkatkan peluang mereka mengingat merek Anda. Kesan pertama yang positif membantu menarik minat pengguna.

4. Membangkitkan emosi

Orang menyukai ide segar dan tak biasa. Logo animasi efektif untuk memberikan kejutan. Animasi logo yang baik dapat memicu kegembiraan, keceriaan, dan rasa penasaran. Jika logo dapat membawa emosi positif , mereka akan mengingat merek Anda dan mengasosiasikannya dengan sesuatu yang menyenangkan.

5. Image yang lebih baik

Logo animasi bisa jadi bagian dari proses bercerita. Animasi dapat menjelaskan sifat bisnis lebih detail daripada logo statis. Ini seperti video pendek yang menceritakan kisah unik produk atau perusahaan. Konten video mudah membangun hubungan emosional dengan penonton. Selain itu, video dapat dibagikan di web sehingga lebih banyak orang dapat melihat logo Anda.

6. Profesionalitas perusahaan

Pelanggan mungkin bukan ahli pemasaran, tetapi mereka tahu apa yang sedang tren. Banyak perusahaan terkenal, termasuk Google, sudah punya logo animasi dan membagikannya dengan bangga. Jadi, saat merek Anda menunjukkan bahwa mereka mengikuti inovasi, orang melihat Anda sebagai profesional sejati.

Di mana menggunakan animasi logo?

Konten video menargetkan seluruh ruang digital dan digunakan untuk banyak keperluan. Simak beberapa di antaranya:

  • Media Sosial: Sekarang ini, media sosial adalah platform utama untuk promosi produk di mana orang-orang menghabiskan banyak waktu berselancar dan berkomunikasi di platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Pinterest. Konten video adalah alat pemasaran efektif yang mudah dibagikan dan cepat ditemukan di antara konten lainnya. Plus, logo animasi bisa diubah menjadi GIF yang juga efektif untuk unggahan medsos!
  • Situs Perusahaan: Situs web seperti CV perusahaan, jadi pastikan situs Anda berfungsi optimal. Logo animasi dapat meningkatkan citra situs sekaligus meningkatkan SEO-nya. Pengunjung akan menonton animasi logo dan menghabiskan lebih banyak waktu di halaman web Anda. Faktor ini berdampak besar pada peringkat situs web dalam hasil pencarian.
  • Presentasi: Tokoh masyarakat sering mengadakan berbagai presentasi, entah itu demo produk atau rapat bisnis. Dengan menyertakan logo animasi, Anda dapat menambahkan unsur orisinalitas dan kreativitas ke dalam presentasi Anda.
  • Video Promosi: Sudah sering kita bahas tentang peran video promosi dalam bisnis dan manfaatnya bagi banyak perusahaan. Lantas, kenapa tak memoles video promosi dengan logo animasi orisinal? Kombinasi ini dapat mencapai tujuan bisnis dan pemasaran tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali
WhatsApp
Email